Skip to main content

Sejarah Asal Usul Awal Sistem Operasi Android

Sejarah Asal Usul Awal Sistem Operasi Android - Android adalah sistem operasi yang berbasis Linux untuk telepon seluler seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.

Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler.
Sejarah Asal Usul Awal Sistem Operasi Android

Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).Sejarah Dari Android Inc.

Pada Juli 2005, Google bekerjasama dengan Android Inc., perusahaan yang berada di Palo Alto, California Amerika Serikat. Para pendiri Android Inc. bekerja pada Google, di antaranya Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Saat itu banyak yang menganggap fungsi Android Inc. hanyalah sebagai perangkat lunak pada telepon seluler. Sejak saat itu muncul rumor bahwa Google hendak memasuki pasar
telepon seluler. Di perusahaan Google, tim yang dipimpin Rubin bertugas mengembangkan program perangkat seluler yang didukung oleh kernel Linux. Hal ini menunjukkan indikasi bahwa Google sedang bersiap menghadapi persaingan dalam pasar telepon seluler.

Produk Awal Android
Sekitar September 2007 sebuah studi melaporkan bahwa Google mengajukan hak paten aplikasi telepon seluler (akhirnya Google mengenalkan Nexus One, salah satu jenis telepon pintar GSM yang menggunakan Android pada sistem operasinya. Telepon seluler ini diproduksi oleh HTC Corporation dan tersedia di pasaran pada 5 Januari 2010).

Pada 9 Desember 2008, diumumkan anggota baru yang bergabung dalam program kerja Android ARM Holdings, Atheros Communications, diproduksi oleh Asustek Computer Inc, Garmin Ltd, Softbank, Sony Ericsson, Toshiba Corp, dan Vodafone Group Plc. Seiring pembentukan Open Handset Alliance, OHA mengumumkan
produk perdana mereka, Android, perangkat bergerak (mobile) yang merupakan modifikasi kernel Linux 2.6. Sejak Android dirilis telah dilakukan berbagai pembaruan berupa perbaikan bug dan penambahan fitur baru.

Telepon pertama yang memakai sistem operasi Android adalah HTC Dream, yang dirilis pada 22 Oktober 2008. 

Pada kuartal kedua tahun 2013 ini, sistem operasi Android masih menguasai pangsa pasar dengan market-share 79 persen, naik dari 64,2 persen pada kuartal kedua tahun 2012.

NAMA YANG UNIK
Google selalu menggunakan nama dessert atau makanan penutup untuk setiap sistem operasinya. Uniknya, pengguna nama Android berurutan sesuai abjad, yaitu C, D, E, F, G, H, I, J, dan K. Sebagai pengecualian, sistem Android pertama yaitu Android 1.0 dan 1.1 tidak menggunakan abjad A dan B sebagai nama depannya. Setelah Key Lime Pie, Android akan mengincar makanan penutup yang berawalan “L”. Beberapa makanan penutup yang menggunakan huruf L dan cukup populer di AS adalah Lemon Marange Pie,
Lemon Cheesecake, atau Lollipop.

Berikut sejarah nama-nama Android :

1. Android versi 1.0 - 1.1
(tanpa nama)Pada Oktober 2008, HTC adalah produsen pertama yang menggunakan sistem operasi Android 1.0 pada HTC Dream (T-Mobile G1 dalam versi AS). Update Android versi 1.1 dirilis pada Februari 2009.

2. Android 1.5 Cupcake
Android 1.5 Cupcake adalah sistem operasi Android versi pertama yang benar-benar memamerkan kekuatan platformnya. Cupcake adalah kue kecil yang sangat populer di seluruh dunia. Biasanya cupcake dibuat dalam wadah berbentuk cetakan dan disajikan dengan frosting di atasnya. Cupcake itu mengawali penamaan sistem operasi Android dengan nama dessert atau makanan penutup.

3. Android 1.6 Donut
Google meluncurkan Android versi 1.6 Donut pada September 2009. Sistem operasi itu memperbaiki bug OS yang sering reboot dengan fitur foto dan video serta integrasi pencarian yang lebih baik. Donut juga mendukung ukuran layar yang lebih besar dan memiliki fitur navigasi turn-by-turn. Donat adalah makanan atau kue dengan lubang di tengahnya dan cokelat di atasnya.

4. Android 2.0 - 2.1 Eclair
Android 2.0 Eclair dirilis pada Oktober 2009 dengan versi 2.0.1 pada Desember 2009 dan Android 2.1 pada Januari 2010. Eclair memiliki fitur tambahan, yaitu Bluetooth 2.1, flash, kamera dengan digital zoom,
multi-touch, live wallpaper dan lainnya. Eclair adalah makanan yang berbentuk persegi panjang dengan krim di tengah dan lapisan cokelat di atasnya.

5. Android 2.2 - 2.2.3 Froyo  
 Google meluncurkan Android 2.2 Froyo pada Mei 2010 dengan peningkatkan kecepatan dan pengadopsian Javascript dari browser Google Chrome. Froyo adalah kependekan dari Frozen Yoghurt. Froyo adalah yoghurt yang telah mengalami proses pendinginan sehingga terlihat sama seperti es krim. 

6. Android 2.3 - 2.4 Gingerbread
Pada 7 Desember 2010, Google secara resmi mengumumkan ponsel pintar Samsung Nexus S dengan sistem operasi Android 2.3 Gingerbread sekaligus menjadikannya sebagai smartphone pertama yang mengadopsi Gingerbread. Gingerbread memiliki fitur tambahan SIP internet calling, kemampuan nirkabel NFC, dukungan untuk sensor giroskop, fitur download manager dan sejumlah tweak untuk penggunaan di tablet.Gingerbread adalah kue jahe atau cookie dengan rasa khas jahe. Kue itu sering dibuat untuk merayakan liburan akhir tahun di AS dan dibuat seperti bentuk manusia.

7. Android 3.0 - 3.2 Honeycomb
Honeycomb dirilis pada Februari 2011, kemudian disusul cepat dengan Honeycomb versi 3.1 dan 3.2. Android versi ini khusus dan benar-benar dioptimalkan untuk tablet.Honeycomb adalah sereal manis yang populer sejak 1965 dan berupa sereal jagung dengan rasa madu yang berbentuk sarang lebah.

8. Android 4.0 Ice Cream Sandwich
Ice Cream Sandwich adalah sistem operasi Android untuk smartphone, tablet, dan lainnya. Google memperkenalkan Ice Cream Sandwich pada 19 Oktober 2011 dengan kemampuan utama yaitu pengoptimalan multitasking, banyak notifikasi dan layar beranda yang dapat disesuaikan. Ice Cream Sandwich adalah lapisan es krim berupa vanila dengan dua cookies cokelat berbentuk persegi panjang.

9. Android 4.1 - 4.2 Jelly Bean
Google meluncurkan Android 4.1 Jelly Bean pada konferensi Google l/O 27 Juni 2012. Jelly Bean adalah sistem operasi Android tercepat, termudah, dan terhalus, dibanding sistem operasi Android lainnya. Tampilan antarmuka Jelly Bean jauh lebih keren dibanding Ice Cream Sandwich. Pada 29 Oktober 2012, Google mengumumkan ketersediaan Android 4.2 Jelly Bean dengan peningkatkan kecepatan dan mencakup semua fitur baru seperti Photo Sphere dan desain aplikasi kamera terbaru, keyboard Gesture Typing, Google Now dan lainnya. Jelly Bean adalah sejenis permen yang juga populer dan sering disebut kacang jeli.

10. Android 5.0 Key Lime Pie
Menurut rumor, Google akan meluncurkan sistem operasi Android terbaru Key Lime Pie pada konferensi Google l/O tahun ini. Perkembangan terakhir, Key Lime Pie akan memiliki fitur Bluetooth Smart, sebuah fitur Bluetooth yang hemat daya baterai. Key Lime Pie adalah makanan penutup khas Amerika yang terbuat dari jus jeruk nipis, kuning telur dan susu kental dalam pie crust manis.

Comments

Popular posts from this blog

Sejarah Awal Pramuka di Indonesia

Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana yang mempunyai arti kaum muda yang suka menghasilkan karya. Di Indonesia, penggunaan istilah “Pramuka” resmi digunakan pada tahun 1961.
Kata "pramuka" hanya dipakai di Indonesia sedangkan di dunia pramuka disebut Scout. Gerakan yang juga disebut Scout Movement atau Scouting ini bertujuan untuk pengembangan para pemuda secara mental, spiritual dan fisik. Sejarah pramuka di dunia sendiri dimulai pada 25-7-1907 ketika Lord Robert Baden Powell saat itu menjabat sebagai Letnan Jendral tentara Inggris untuk pertama kalinya melaksanakan perkemahan pramuka selama 8 hari di pulau Brown Sea, Inggris. perkemahan tersebut ia adakan sebagai cara membina kaum muda di Inggris yang terlibat dalam kekerasan dan tindak kejahatan, beliau menerapkan scouting secara intensif kepada 21 orang pemuda dengan berkemah di pulau Brownsea. kemudian pada tahun 1908 Powel menulis buku tentang prinsip dasar kepramukaan dengan judul pramuka untuk laki-laki (…

Sejarah Awal Terbentuknya Negara Jamaika

Jamaika merupakan negara pulau yang terletak di Karibia dengan luas sekitar 11.000 km persegi. Kingston ialah ibu negara Jamaica di Laut Caribbean, Amerika Tengah. Pulau ini terdiri dari dataran rendah pesisir , dataran tinggi kapur , dan Blue Mountains , sekelompok bukit vulkanik , di timur .
Orang Arawaks diperkirakan yang pertama menetap di pulau Jamaika, yang mereka sebut Xamayca (tanah kayu dan air) sekitar 3.000 tahun yang lalu.
Orang Eropa pertama yang tiba di pulau tersebut adalah Christopher Columbus pada tahun 1494, yang segera mengklaim Jamaika sebagai milik Spanyol.
Pada awal abad ke-16, koloni pertama mulai didirikan. Orang Eropa dengan cepat menundukkan Arawaks, membunuh banyak diantara mereka, serta menangkap sisanya sebagai budak.
Segera setelah koloni didirikan, budak Afrika juga dibawa ke Jamaika yang dijadikan sebagai pekerja di perkebunan.
Mulai pertengahan abad ke-16, Jamaika menjadi target yang disukai bajak laut.
Pulau yang begitu indah beserta melimpahnya sumber daya…

Sejarah Di Bangunnya Menara Kembar Petronas di Malaysia

Menara kembar Petronas adalah dua buah Gedung pencakar langit kembar di Kuala Lumpur, Malaysia yang sempat menjadi gedung tertinggi di dunia dilihat dari tinggi pintu masuk utama ke bagian struktur paling tinggi.
Menara tersebut dirancang dan dibangun oleh perusahaan asing yaitu Adamson Associates Architects, dari Kanada bersama dengan Cesar Pelli dari Cesar Pelli of Cesar Pelli & Associates Architects Amerika Serikat dengan desain Interior yang merefleksikan budaya Islam yang mengakar di Malaysia.
Pembangunan menara ini dimulai pada tahun 1992 dan selesai pada tahun 1998 dengan ketinggian menara 451,9 meter (1483 kaki) sudah termasuk antena menara dan total lantai dari Twin Towers ini adalah 88 lantai. Antara Tower I dan Tower II, yang lebih dahulu selesai pembangunannya adalah Tower II yang dikerjakan oleh perusahaan Korea, satu bulan lebih awal selesai dibangun dari pada Tower I.
Namun sayang pada tanggal 17 Oktober 2003, rekor Petronas Twin Towers sebagai gedung tertinggi di duni…