Skip to main content

Sejarah Tercipta Mobil Merek BMW di Dunia

Sejarah Tercipta Mobil Merek BMW di Dunia - Mungkin kamu penggemar otomotif pasti mengenal salah satu merek mobil terkenal di dunia yaitu BMW. BMW di Indonesia sudah sangat familiar, bahkan di Indonesia sudah ada komunitas pecinta BMW.

Untuk itu mimin catatansejarah bakalan menguak mengenai Tercipta Mobil Merek BMW di Dunia. Monggo di simak ya :)

Mobil BMW mempunyai keistimewaan yang atak tersentuh dan perawatan yang elegan ketika dikemudikan. Atas dasar itulah timbul suatu slogan dari mereka yaitu :the ultimate driving machine". Hal ini dihasilkan dari pertalian antara mobil dengan pengemudi, dimana mereka telah mencapai keselarasan perjalanan hidup bersama. Tiga huruf menarik yang selalu hadir pada B M W adalah Bayerische Motoren Wekre, atau dalam bahasa Inggris Bavarian Motor Works. Kata “Motor” yang berakronim antara 2 artikulasi pada ke-2 bahasa tersebut, merupakan kunci sukses setiap proses produksi BMW.

Berikut adalah cerita-cerita awal mula hingga kesuksesan BMW hingga kini.

Didirikan pertama kali oleh Karl Friedrich Rapp pada Oktober 1913. Tidak ada yang tahu bahwa mesin BMW berasal dari bahan bakar pesawat terbang. Rapp mendirikan "Rapp-Motorenweke", dimana usaha tersebut merupakan salah satu pabrik motor di Munich, Jerman. Rapp memulai dengan usaha bahan bakar pesawat terbang, tetapi sayangnya dia mengalami sakit dan kemudian tutup usia. Kemudian Rapp's Factory diwariskan kepada anaknya, Gustav Otto, bisnisnya bergerak pada bidang pembangunan lapangan terbang kecil. Otto sangat menikmati kesuksesannya dengan "Gustav Flugmaschinefabrik".
sejarah mobil

Rapp Motoren Werke mempunyai masalah dengan keberadaan mesin-mesinnya. Mereka mempunyai masalah dengan kontrak Austro Daimler, dimana mereka tidak bisa memenuhi permintaan pembangunan mesin V12 Aero karena tidak mendapatkan ijin penerbitan (under license). Perusahaannya melakukan ekspansi terlalu cepat, dan tahun 1916 Karl Friedrich Rapp mengundurkan diri dari perusahaan karena maslah keuangan. Kemudian perusahaan Rapp Motoren Werke diambil alih oleh 2 orang Austria; Franz-Josef Popp dan Max Fritz. Mereka berasal dari Vienna Financier yang dimiliki oleh Camillo Castiglioni. Mereka mengatur Rapp Motoren Werke secara meyakinkan, Gustav Otto's "Gustav Flugmaschinefabrik" di merger dengan "Rapp-Motoren Werke". Kemudian mereka merubah nama perusahaan tersebut menjadi Bayerische Flugzeug-Werke atau BFW, dalam bahasa Inggrisnya adalah "Bavarian Aircraft Works". Kemudian dalam waktu dekat perusahaan tersebut berubah nama menjadi BMW dan pada tahun 1918 menjadi BMW AG (AG dalam bahsa Jerman-nya adalah Aktiengesellschaft, yang artinya kepemilikan sahamnya diperjual-belikan di pasar modal. Kebijaksanaan ini digunakan di Jerman, Austria, dan Swiss, kalau menurut orang Amerika perusahaan ini telah menjadi "Public Company").

Tahun 1972
Singkat cerita, meloncat ke tahun 1972 yang sekaligus tahun Olimpiade musim semi di Munich. Paul Bracq, manager disalin dari BMW, kreasinya melahirkan Turbo Prototipe. Dengan interior futuristik, desain eksterior yang manis untuk pintu. Mobil bermerk BMW itu  telah diperkuat oleh mesin 4 silinder, dengan kekuatan mesin 1990 cc menghasilkan tenaga 280 bhp.

BMW Seri 5 dikenalkan kepada publik untuk pertama kalinya. Dengan embel embel kode E12, mobil ini diperuntukkan bagi pasar Amerika, yang berguna menjadi sumber keuntungan bagi BMW. BMW seri ini memiliki 2 jenis produk: 520 dan 520i dengan ciri sedan 4 pintu bermesin 4 silinder. BMW mendirikan pabrik baru di Afrika.

Tahun 1973
Pada pameran mobil di Frankfurt, BMW 2002 Turbo menjadi salah satu mobil turbo terbaik di dunia.

Tahun 1990
Meloncat ke tahun 1990an, BMW merilis 4 model terbarunya yaitu: 316i, 318i, 320i, dan 325i.

Tahun 1991
Mesin Diesel untuk BMW baru diperkenalkan dan diperbaharui untuk BMW Seri 3 dan BMW Seri 5.

Tahun 1992 
Di tahun ini BMW menghadirkan produk baru, yaitu E36 3 Series coupe, 318is, 320i dan 325i.

Tahun1993
BMW E36 Seri 3 terdapat perubahan body versi terbaru. Sementara itu BMW Seri 5 menghadirkan jenis terbaru yakni 530i dan 540i.

Tahun 1994 
BMW mengenalkan produk terbarunya yaitu BMW E38 Seri 7.

Tahun 1995
Hanya terjadi perubahan bentuk body untuk BMW E36 Seri 3

Tahun 1996
Merupakan tahun untuk BMW E39 Seri 5.

Tahun 1997
BMW Seri Z di luncurkan dengan mesin 4 silinder saja

Tahun1998
Desain baru yang lebih komplit serta interior lebih elegan, BMW E46 3 Series hadir namun dengan harga yang lumayan mahal

Tahun 1999
BMW E53 X5 SUV pertama kali di pamerkan di Spartanburg, Sout Carolina. Serta memperkenalkan BMW E52 Z8. Mobil ini mempunyai kombinasi klasik di pasar modern.

Sekian dari Sejarah Tercipta Mobil Merek BMW di Dunia. Untuk gambar kamu bisa langsung mencari gambarnya di google.

Comments

Popular posts from this blog

Sejarah Awal Pramuka di Indonesia

Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana yang mempunyai arti kaum muda yang suka menghasilkan karya. Di Indonesia, penggunaan istilah “Pramuka” resmi digunakan pada tahun 1961.
Kata "pramuka" hanya dipakai di Indonesia sedangkan di dunia pramuka disebut Scout. Gerakan yang juga disebut Scout Movement atau Scouting ini bertujuan untuk pengembangan para pemuda secara mental, spiritual dan fisik. Sejarah pramuka di dunia sendiri dimulai pada 25-7-1907 ketika Lord Robert Baden Powell saat itu menjabat sebagai Letnan Jendral tentara Inggris untuk pertama kalinya melaksanakan perkemahan pramuka selama 8 hari di pulau Brown Sea, Inggris. perkemahan tersebut ia adakan sebagai cara membina kaum muda di Inggris yang terlibat dalam kekerasan dan tindak kejahatan, beliau menerapkan scouting secara intensif kepada 21 orang pemuda dengan berkemah di pulau Brownsea. kemudian pada tahun 1908 Powel menulis buku tentang prinsip dasar kepramukaan dengan judul pramuka untuk laki-laki (…

Sejarah Di Bangunnya Menara Kembar Petronas di Malaysia

Menara kembar Petronas adalah dua buah Gedung pencakar langit kembar di Kuala Lumpur, Malaysia yang sempat menjadi gedung tertinggi di dunia dilihat dari tinggi pintu masuk utama ke bagian struktur paling tinggi.
Menara tersebut dirancang dan dibangun oleh perusahaan asing yaitu Adamson Associates Architects, dari Kanada bersama dengan Cesar Pelli dari Cesar Pelli of Cesar Pelli & Associates Architects Amerika Serikat dengan desain Interior yang merefleksikan budaya Islam yang mengakar di Malaysia.
Pembangunan menara ini dimulai pada tahun 1992 dan selesai pada tahun 1998 dengan ketinggian menara 451,9 meter (1483 kaki) sudah termasuk antena menara dan total lantai dari Twin Towers ini adalah 88 lantai. Antara Tower I dan Tower II, yang lebih dahulu selesai pembangunannya adalah Tower II yang dikerjakan oleh perusahaan Korea, satu bulan lebih awal selesai dibangun dari pada Tower I.
Namun sayang pada tanggal 17 Oktober 2003, rekor Petronas Twin Towers sebagai gedung tertinggi di duni…

Sejarah Awal Terbentuknya Negara Jamaika

Jamaika merupakan negara pulau yang terletak di Karibia dengan luas sekitar 11.000 km persegi. Kingston ialah ibu negara Jamaica di Laut Caribbean, Amerika Tengah. Pulau ini terdiri dari dataran rendah pesisir , dataran tinggi kapur , dan Blue Mountains , sekelompok bukit vulkanik , di timur .
Orang Arawaks diperkirakan yang pertama menetap di pulau Jamaika, yang mereka sebut Xamayca (tanah kayu dan air) sekitar 3.000 tahun yang lalu.
Orang Eropa pertama yang tiba di pulau tersebut adalah Christopher Columbus pada tahun 1494, yang segera mengklaim Jamaika sebagai milik Spanyol.
Pada awal abad ke-16, koloni pertama mulai didirikan. Orang Eropa dengan cepat menundukkan Arawaks, membunuh banyak diantara mereka, serta menangkap sisanya sebagai budak.
Segera setelah koloni didirikan, budak Afrika juga dibawa ke Jamaika yang dijadikan sebagai pekerja di perkebunan.
Mulai pertengahan abad ke-16, Jamaika menjadi target yang disukai bajak laut.
Pulau yang begitu indah beserta melimpahnya sumber daya…