Skip to main content

Sejarah Tercipta Mobil Toyota Avanza di Indonesia

Sejarah Tercipta Mobil Toyota Avanza di Indonesia - Siapa yang tidak kenal dengan merk mobil avanza keluaran dari salah satu perusahaan mobil terbesar di dunia yaitu Toyota. Avanza di Indonesia sudah menjadi primadona dan dicari banyak orang karena mobil ini tergolong cukup baik dan berkelas namun dengan harga yang masih cukup terjangkau. Untuk itu mimin catatansejarah bakalan menguak mengenai mobil avanza tesebut. mari disimak ya pembaca catatansejarah.

Semenjak dilahirkan di Gaikindo Auto Expo (sekarang disebut Indonesia International Motor Show) pada 2003, nama MPV yang satu ini terus dikenal oleh masyarakat Indonesia. 
Sejarah Tercipta Mobil Toyota Avanza di Indonesia

Inilah MPV Toyota Avanza. Meski lahir di Indonesia, nama Avanza yang dalam bahasa Inggris Advance ini berasal dari bahasa latin yang artinya 'maju'.� 

Saat Avanza lahir, harganya cukup murah dibandingkan dengan mobil MPV merek lainnya. Bagaimana tidak harga Avanza pada saat peluncurannya ditaksir hanya berkisar Rp 80 - Rp 90 juta on the road Jakarta.

Avanza di pasar MPV tanah air pun terus menunjukkan kesuksesannya, bahkan kini Toyota Avanza menjadi kendaraan penumpang berkategori MPV paling banyak di jalanan Indonesia.

Data penjualan Gaikindo pun menunjukan MPV merek Avanza terpampang nomor urut satu setiap bulannya. Di akhir 2004 versi khusus dari Avanza (S Type) diluncurkan dengan menggunakan mesin VVT-i.

Dan hingga kini PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku pemegang merek Avanza terus menghadirkan Avanza dengan varian transmisi berbeda di setiap tipenya (G M/T, G
A/T, S M/T, S A/T, E M/T dan akan mengikuti E A/T dalam waktu beberapa bulan kedepan). 

Lebih dari itu, konsumen pun rela berlama-lama menunggu sampai datang ke garasi rumah hingga 3-4 bulan lamanya. Meski harganya kini melonjak hampir 100 persen untuk varian teratas.

Namun apa sebenarnya di balik kesuksesan Toyota Avanza ketika permintaan di tanah air tiada henti-henti?

Kita kembali dulu flashback ke tahun 1998, saat krisis moneter tengah menggila, di saat rupiah terpuruk terhadap mata uang dolar AS, harga mobil-mobil dinilai sudah tidak masuk akal bagi kantong masyarakat waktu itu. 

Saat itu pun tidak ada produsen mobil lainnya menyediakan kendaraan penumpang yang kompetitif. Namun Toyota menyiasati untuk memproduksi mobil MPV yang terjangkau.

Meski pada waktu itu Toyota memiliki produk anyar yakni Toyota Kijang Generasi 4. Namun harga mobil tersebut dinilai masih terlalu tinggi. Dari segi konsumsi BBM pun mobil MPV yang memiliki tag line "Dari Buyut Sampai Cicit" itu bersahabat alias memberatkan isi kantong. Nah, dari situlah Toyota berencana memproduksi mobil murah yang akhirnya baru muncul beberapa tahun kemudian lewat Avanza.

"Kembali ke market. Pada waktu itu setelah krismon karena harga mobil naik semua, rupiah terapresiasi dollar AS. Kita melihat income (pendapatan) masyarakat menengah Indonesia tidak seimbang dengan harga mobil. Meski ada Kijang, konsumen enggan beli model itu karena cukup mahal. Nah, disitu lah awal Toyota mengambil peluang. Kita koreksi kenyataan ini," kata Product Planning Department PT Toyota-Astra Motor (TAM) Bansar Maduma yang ikut berperan dalam kelahiran Avanza kepada detikOto.

Bagaimana Toyota Indonesia membuat prinsipalnya setuju menelurkan Avanza? Simak artikel berikutnya.

Comments

Popular posts from this blog

Sejarah Awal Pramuka di Indonesia

Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana yang mempunyai arti kaum muda yang suka menghasilkan karya. Di Indonesia, penggunaan istilah “Pramuka” resmi digunakan pada tahun 1961.
Kata "pramuka" hanya dipakai di Indonesia sedangkan di dunia pramuka disebut Scout. Gerakan yang juga disebut Scout Movement atau Scouting ini bertujuan untuk pengembangan para pemuda secara mental, spiritual dan fisik. Sejarah pramuka di dunia sendiri dimulai pada 25-7-1907 ketika Lord Robert Baden Powell saat itu menjabat sebagai Letnan Jendral tentara Inggris untuk pertama kalinya melaksanakan perkemahan pramuka selama 8 hari di pulau Brown Sea, Inggris. perkemahan tersebut ia adakan sebagai cara membina kaum muda di Inggris yang terlibat dalam kekerasan dan tindak kejahatan, beliau menerapkan scouting secara intensif kepada 21 orang pemuda dengan berkemah di pulau Brownsea. kemudian pada tahun 1908 Powel menulis buku tentang prinsip dasar kepramukaan dengan judul pramuka untuk laki-laki (…

Sejarah Di Bangunnya Menara Kembar Petronas di Malaysia

Menara kembar Petronas adalah dua buah Gedung pencakar langit kembar di Kuala Lumpur, Malaysia yang sempat menjadi gedung tertinggi di dunia dilihat dari tinggi pintu masuk utama ke bagian struktur paling tinggi.
Menara tersebut dirancang dan dibangun oleh perusahaan asing yaitu Adamson Associates Architects, dari Kanada bersama dengan Cesar Pelli dari Cesar Pelli of Cesar Pelli & Associates Architects Amerika Serikat dengan desain Interior yang merefleksikan budaya Islam yang mengakar di Malaysia.
Pembangunan menara ini dimulai pada tahun 1992 dan selesai pada tahun 1998 dengan ketinggian menara 451,9 meter (1483 kaki) sudah termasuk antena menara dan total lantai dari Twin Towers ini adalah 88 lantai. Antara Tower I dan Tower II, yang lebih dahulu selesai pembangunannya adalah Tower II yang dikerjakan oleh perusahaan Korea, satu bulan lebih awal selesai dibangun dari pada Tower I.
Namun sayang pada tanggal 17 Oktober 2003, rekor Petronas Twin Towers sebagai gedung tertinggi di duni…

Sejarah Awal Terbentuknya Negara Jamaika

Jamaika merupakan negara pulau yang terletak di Karibia dengan luas sekitar 11.000 km persegi. Kingston ialah ibu negara Jamaica di Laut Caribbean, Amerika Tengah. Pulau ini terdiri dari dataran rendah pesisir , dataran tinggi kapur , dan Blue Mountains , sekelompok bukit vulkanik , di timur .
Orang Arawaks diperkirakan yang pertama menetap di pulau Jamaika, yang mereka sebut Xamayca (tanah kayu dan air) sekitar 3.000 tahun yang lalu.
Orang Eropa pertama yang tiba di pulau tersebut adalah Christopher Columbus pada tahun 1494, yang segera mengklaim Jamaika sebagai milik Spanyol.
Pada awal abad ke-16, koloni pertama mulai didirikan. Orang Eropa dengan cepat menundukkan Arawaks, membunuh banyak diantara mereka, serta menangkap sisanya sebagai budak.
Segera setelah koloni didirikan, budak Afrika juga dibawa ke Jamaika yang dijadikan sebagai pekerja di perkebunan.
Mulai pertengahan abad ke-16, Jamaika menjadi target yang disukai bajak laut.
Pulau yang begitu indah beserta melimpahnya sumber daya…