Skip to main content

Membongkar Fakta Sejarah Suku Aztec

Membongkar Fakta Sejarah Suku Aztech - Suku Aztech terkenal dengan kanibalnya yang memakan sesama makhluk, contohnya seperti singa yang memakan singa. Menurut cerita dulu, suku ini berkeliling ke Lago de Texcoco terletak di Meksiko Tengah dari suatu tempat di utara yang diketahui sebagai Aztlán. Mereka dipandu dewa mereka Huitzilopochtli. Ketika tiba di sebuah pulau di tengah danau, mereka melihat burung elang memakan seekor ular ketika bertengger di atas kaktus nopal, gambaran yang sesuai dengan ramalan yang menyuruh mereka membuat pemukiman baru di situ. Kaum Aztech membuat kota mereka yang dikenal sebagai Tenochtitlan. Tempat tersebut, pada masa sekarang merupakan pusat kota Meksiko. Burung Elang legendaris itu pun juga berada dalam bendera Meksiko.
Membongkar Fakta Sejarah Suku Aztech
Membongkar Fakta Sejarah Suku Aztech

Untuk itu mimin catatansejarah bakalan menguak fakta apa saja yang terdapat di kehidupan suku Aztech ini. berikut Fakta Sejarah Suku Aztech

Suku Aztech Mewajibkan Anak Sekolah.
Aztech menempatkan penekanan kuat pada orang tua untuk mengajar anak-anak mereka dengan baik. Mereka juga memiliki sekolah umum wajib untuk semua anak. Kelas bangsawan memiliki sekolah yang berbeda dan sekolah juga dipisahkan berdasarkan gender. Anak laki-laki bangsawan akan dikirim ke Sekolah Calmecac dimana mereka belajar dari para imam tentang sejarah, astronomi, seni, dan bagaimana mengatur dan memimpin. 

Anak laki-laki dari kasta yang lebih rendah dikirim ke Sekolah Cuicacalli, yang jauh lebih fokus pada persiapan mereka sebagai prajurit militer . Para anak gadis dikirim ke sekolah-sekolah yang terpisah dan lebih banyak pendidikan mereka difokuskan untuk tugas domestik seperti memasak dan tenun.

Peradaban Aztech Dikalahkan oleh Penyakit, Bukan Perang.
Sementara banyak para ahli sejarah mengklaim bahwa Spanyol mengalahkan Aztech melalui kecemerlangan strategi militer, ini masih diragukan kebenarannya.

Faktanya, serangan Spanyol tidaklah benar-benar kuat bahkan mereka harus menyerang dan mundur secara tergesa-gesa. Suku Aztech benar-benar memiliki kesempatan yang cukup untuk mengalahkan Spanyol dan hampir memenangkan perang secara keseluruhan. 

Hal ini dapat dengan mudah mengatakan bahwa jika bukan karena cacar dikirim dari Eropa yang membunuh begitu banyak orang di suku mereka, (terutama para pemimpin suku), sangat tidak mungkin mereka akan jatuh ke tangan Spanyol. Jumlah kerugian yang disebabkan oleh penyakit Eropa adalah luar biasa, diperkirakan bahwa lebih dari dua puluh juta orang Meksiko meninggal dalam jangka waktu hanya lima tahun karena penyakit yang dibawa orang Spanyol.

Suku Aztech Memainkan Olahraga dan Mempunyai Kemampuan Seni Yang Artistik.
Meskipun secara umum kaum Aztech dianggap kejam, mereka adalah orang yang sangat artistik. Ini bisa dilihat dalam peninggalan berupa tembikar dan patung dan gambar yang artistik yang punya karakter tersendiri. Merancang seni untuk prajurit mereka (yang kemudian sering digunakan sebagai tato) untuk penghormatan atas prestasi mereka, mereka juga memiliki puisi untuk cinta.

Suku Aztec juga memainkan olahraga tim, khususnya permainan yang sangat populer di kalangan mereka yang disebut Ullamaliztli. Permainan menggunakan bola karet, yang merupakan konsep yang cukup canggih untuk jaman itu dan dimainkan di lapangan yang disebut Tlachtli.

Mereka memiliki sistem yang canggih untuk menulis dan menyimpan catatan. Suku Aztech memiliki bahasa mereka sendiri, dan itu disebut N'ahuatl, alfabet untuk bahasa ini adalah bentuk tulisan gambar. Pengetahuan tentang bagaimana menulis adalah sangat khusus dan sebagian besar dilakukan oleh ahli-ahli Taurat dan imam terpelajar, yang memiliki pelatihan yang dibutuhkan. 

Mereka menyimpan catatan di atas kertas yang terbuat dari kulit kayu, atau kulit rusa. Tulisan ini biasanya dilakukan dengan menggunakan arang dan kemudian diwarnai dengan sayuran dan zat-zat lainnya. Mereka melakukan pencatatan pajak, catatan sejarah, berbagai informasi yang ditulis dalam hal pengorbanan agama dan upacara-upacara lainnya dan bahkan menulis puisi. Kadang-kadang mereka menempatkan tulisan-tulisan mereka bersama-sama dalam semacam buku darurat yang mereka sebut codice a.

Suku Aztech Adalah Nama Yang Diberikan Bukan Nama Asli.
Kita semua tahu suku Aztec dengan nama itu, tapi itu bukan benar-benar nama yang pernah gunakan untuk menyebut diri mereka. Orang Barat yang menjuluki mereka suku Aztec kemungkinan mengambilnya dari salah satu nama asli tempat asli suku Aztec hidup sekitar abad dua belas. Daerah itu disebut Aztlan, berada di bagian utara Meksiko. Namun, Aztec sendiri sebenarnya menyebut diri mereka sebagai Mexica, yang sebenarnya menjadi asal - usul nama mexico muncul.

Suku Aztech Memiliki Kebiasaan Pemakaman Sangat Aneh.
Kita semua telah mendengar legenda dalam hal membangun di atas sebuah kuburan Indian, tetapi Aztech sedikit peduli atas berbagai hal yang dibangun di atas kuburan mereka. 

Bahkan, suku Aztec membuat kebiasaan mengubur nenek moyang mereka tepat di bawah dan di sekitar rumah mereka. Jika ada orang Aztech yang bertubuh sangat tinggi, maka mereka umumnya dikremasi sebagai ganti pemakaman. Suku Aztech percaya bahwa kremasi akan mengubah jiwa dari prajurit yang tewas atau penguasa akan mengirim mereka langsung ke surga (versi mereka). Kadang-kadang Aztech juga akan membunuh anjing dan mengubur atau mengkremasi dengan orang sehingga bisa membimbing mereka dalam perjalanan mereka melalui akhirat.

Referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Aztek
http://www.kaskus.co.id/thread/5125f12e5b2acfe37f000006/fakta-menarik-dari-budaya-suku-aztec-yang-jarang-diketahui

Comments

Popular posts from this blog

Sejarah Awal Pramuka di Indonesia

Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana yang mempunyai arti kaum muda yang suka menghasilkan karya. Di Indonesia, penggunaan istilah “Pramuka” resmi digunakan pada tahun 1961.
Kata "pramuka" hanya dipakai di Indonesia sedangkan di dunia pramuka disebut Scout. Gerakan yang juga disebut Scout Movement atau Scouting ini bertujuan untuk pengembangan para pemuda secara mental, spiritual dan fisik. Sejarah pramuka di dunia sendiri dimulai pada 25-7-1907 ketika Lord Robert Baden Powell saat itu menjabat sebagai Letnan Jendral tentara Inggris untuk pertama kalinya melaksanakan perkemahan pramuka selama 8 hari di pulau Brown Sea, Inggris. perkemahan tersebut ia adakan sebagai cara membina kaum muda di Inggris yang terlibat dalam kekerasan dan tindak kejahatan, beliau menerapkan scouting secara intensif kepada 21 orang pemuda dengan berkemah di pulau Brownsea. kemudian pada tahun 1908 Powel menulis buku tentang prinsip dasar kepramukaan dengan judul pramuka untuk laki-laki (…

Sejarah Awal Terbentuknya Negara Jamaika

Jamaika merupakan negara pulau yang terletak di Karibia dengan luas sekitar 11.000 km persegi. Kingston ialah ibu negara Jamaica di Laut Caribbean, Amerika Tengah. Pulau ini terdiri dari dataran rendah pesisir , dataran tinggi kapur , dan Blue Mountains , sekelompok bukit vulkanik , di timur .
Orang Arawaks diperkirakan yang pertama menetap di pulau Jamaika, yang mereka sebut Xamayca (tanah kayu dan air) sekitar 3.000 tahun yang lalu.
Orang Eropa pertama yang tiba di pulau tersebut adalah Christopher Columbus pada tahun 1494, yang segera mengklaim Jamaika sebagai milik Spanyol.
Pada awal abad ke-16, koloni pertama mulai didirikan. Orang Eropa dengan cepat menundukkan Arawaks, membunuh banyak diantara mereka, serta menangkap sisanya sebagai budak.
Segera setelah koloni didirikan, budak Afrika juga dibawa ke Jamaika yang dijadikan sebagai pekerja di perkebunan.
Mulai pertengahan abad ke-16, Jamaika menjadi target yang disukai bajak laut.
Pulau yang begitu indah beserta melimpahnya sumber daya…

Sejarah Di Bangunnya Menara Kembar Petronas di Malaysia

Menara kembar Petronas adalah dua buah Gedung pencakar langit kembar di Kuala Lumpur, Malaysia yang sempat menjadi gedung tertinggi di dunia dilihat dari tinggi pintu masuk utama ke bagian struktur paling tinggi.
Menara tersebut dirancang dan dibangun oleh perusahaan asing yaitu Adamson Associates Architects, dari Kanada bersama dengan Cesar Pelli dari Cesar Pelli of Cesar Pelli & Associates Architects Amerika Serikat dengan desain Interior yang merefleksikan budaya Islam yang mengakar di Malaysia.
Pembangunan menara ini dimulai pada tahun 1992 dan selesai pada tahun 1998 dengan ketinggian menara 451,9 meter (1483 kaki) sudah termasuk antena menara dan total lantai dari Twin Towers ini adalah 88 lantai. Antara Tower I dan Tower II, yang lebih dahulu selesai pembangunannya adalah Tower II yang dikerjakan oleh perusahaan Korea, satu bulan lebih awal selesai dibangun dari pada Tower I.
Namun sayang pada tanggal 17 Oktober 2003, rekor Petronas Twin Towers sebagai gedung tertinggi di duni…