Skip to main content

Sejarah Bercerita Awal Terbentuk Negara Sri Lanka

Sri Lanka adalah negara pertama di Asia yang memberikan hak untuk memilih kepada perempuan, dan hak mereka ini diberikan hanya berselang dua tahun setelah para perempuan di Inggris memperoleh hak pilih mereka.

Keragaman pengalaman Sri Lanka dalam sistem konstitusi dan pemilu mungkin termasuk unik dalam sejarah politik. Sri Lanka juga merupakan sebuah negara yang berada di pulau pesisir tenggara India. Negara Sri Lanka ini sampai pada tahun 1972, masih diakui sebagai Ceylon di dunia internasional. Negara Sri Lanka pun memiliki cerita sejarah tesendiri yang tentunya berbeda dengan sejarah dari negara-negara lain yang ada di dunia ini. 

Negara yang terkenal dengan produksi tehnya ini sekitar pada abad kelima mulai didatangi oleh kelompok etnis yang berasal dari daratan India bagian selatan. Kelompok etnis dari India ini kemudian menetap di sekitar wilayah pesisir pantai yang ada di sebelah barat. Mereka membangun sarana irigasi yang digunakan untuk menunjang kegiatan kehidupan mereka.

Dengan pembuatan saluran-saluran air tersebut mereka dapat bertahan hidup di daerah tersebut . Pada akhirnya, mereka pun dapat menemukan teknik pertanian atau cara bercocok tanam yang lebih maju. Dari hasil tersebut, mereka dapat hasil pertanian mereka hingga ke daerah-daerah lain.

Bahkan hasil pertanian tersebut bisa sampai dijual di daerah tiongkok. Mereka dapat melakukan aktivias pedagangan dengan baik karena letak geografis daerah ini sangat menunjang. Hal ini dikarenakan pulau atau wilayah tersebut berada dalam jalur perdagangan.

Selain etnis yang berasal dari dataran india, pada sekitar abad ke-12 pulau atau wilayah ini pun kedatangan suku atau etnis dari kelompok lain. Etnis yang masuk pada abad ke-12 ini berhasil membangun atau mendirikan sebuah kerajaan pada abad ke-14.

Etnis ke-2 yang memasuki atau menempati wilayah Sri Lanka ini berada di sekitar pesisir pantai di sebelah timur.

Sedangkan untuk etnis ketiga yang menetap di pulau ini adalah bangsa Moor. Bangsa Moor pada awalnya mendatangi wilayah ini dengan tujuan untuk berdagang. Namun pada akhirnya mereka pun memutuskan untuk menetap di wilayah ini karena dilalui jalur perdagangan dari barat hingga timur.

Dengan alasan wilayah ini dilalui jalur perdagangan dari barat hingga timur maka banyak pula pendatang yang berdatangan dan memutuskan untuk menetap di wilayah ini. Karena alasan itu pula maka terdoronglah niat para kelompok etnis untuk menguasai wilayah tersebut. Hingga pada abad ke-15 pulau banyak mengalami pertententangan mengenai perebutan wilayah.

Pada tahun 1900, penduduk asli wilayah tersebut mulai tumbuh rasa nasionalisme. Mereka pun mengajukan rancangan konstitusi yang pada tahun 1931 konstitusi tersebut terbentuk secara resmi dan dimungkinkan dapat menjalankan pemerintahan yang baru. Akhirna pada tahun 1947, Inggris pun menetapkan bahwa wilayah Ceylon berhak memperoleh kedulatan dan Inggris menetapkan wilayah ini sebagai negara persemakmuran.

Dengan kedaulatan yang mereka pilih maka masyarakat Ceylon mengadakan pemilihan umum untuk memilih siapa yang berhak menjalankan pemerintahan di Ceylon. Pemilihan umum tersebut dimenangkan oleh partai persatuan nasional. Dan pada akhirnya pada tanggal 2 mei 1972 cerylon resmi mengubah nama menjadi Republik Sri Lanka.

Referensi:
http://www.tabloiddiplomasi.org/previous-isuue/167-januari-2012/1321-sri-lanka-salah-satu-negara-demokrasi-tertua.html
http://www.bimbie.com/

Comments

Popular posts from this blog

Sejarah Awal Pramuka di Indonesia

Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana yang mempunyai arti kaum muda yang suka menghasilkan karya. Di Indonesia, penggunaan istilah “Pramuka” resmi digunakan pada tahun 1961.
Kata "pramuka" hanya dipakai di Indonesia sedangkan di dunia pramuka disebut Scout. Gerakan yang juga disebut Scout Movement atau Scouting ini bertujuan untuk pengembangan para pemuda secara mental, spiritual dan fisik. Sejarah pramuka di dunia sendiri dimulai pada 25-7-1907 ketika Lord Robert Baden Powell saat itu menjabat sebagai Letnan Jendral tentara Inggris untuk pertama kalinya melaksanakan perkemahan pramuka selama 8 hari di pulau Brown Sea, Inggris. perkemahan tersebut ia adakan sebagai cara membina kaum muda di Inggris yang terlibat dalam kekerasan dan tindak kejahatan, beliau menerapkan scouting secara intensif kepada 21 orang pemuda dengan berkemah di pulau Brownsea. kemudian pada tahun 1908 Powel menulis buku tentang prinsip dasar kepramukaan dengan judul pramuka untuk laki-laki (…

Sejarah Awal Terbentuknya Negara Jamaika

Jamaika merupakan negara pulau yang terletak di Karibia dengan luas sekitar 11.000 km persegi. Kingston ialah ibu negara Jamaica di Laut Caribbean, Amerika Tengah. Pulau ini terdiri dari dataran rendah pesisir , dataran tinggi kapur , dan Blue Mountains , sekelompok bukit vulkanik , di timur .
Orang Arawaks diperkirakan yang pertama menetap di pulau Jamaika, yang mereka sebut Xamayca (tanah kayu dan air) sekitar 3.000 tahun yang lalu.
Orang Eropa pertama yang tiba di pulau tersebut adalah Christopher Columbus pada tahun 1494, yang segera mengklaim Jamaika sebagai milik Spanyol.
Pada awal abad ke-16, koloni pertama mulai didirikan. Orang Eropa dengan cepat menundukkan Arawaks, membunuh banyak diantara mereka, serta menangkap sisanya sebagai budak.
Segera setelah koloni didirikan, budak Afrika juga dibawa ke Jamaika yang dijadikan sebagai pekerja di perkebunan.
Mulai pertengahan abad ke-16, Jamaika menjadi target yang disukai bajak laut.
Pulau yang begitu indah beserta melimpahnya sumber daya…

Sejarah Di Bangunnya Menara Kembar Petronas di Malaysia

Menara kembar Petronas adalah dua buah Gedung pencakar langit kembar di Kuala Lumpur, Malaysia yang sempat menjadi gedung tertinggi di dunia dilihat dari tinggi pintu masuk utama ke bagian struktur paling tinggi.
Menara tersebut dirancang dan dibangun oleh perusahaan asing yaitu Adamson Associates Architects, dari Kanada bersama dengan Cesar Pelli dari Cesar Pelli of Cesar Pelli & Associates Architects Amerika Serikat dengan desain Interior yang merefleksikan budaya Islam yang mengakar di Malaysia.
Pembangunan menara ini dimulai pada tahun 1992 dan selesai pada tahun 1998 dengan ketinggian menara 451,9 meter (1483 kaki) sudah termasuk antena menara dan total lantai dari Twin Towers ini adalah 88 lantai. Antara Tower I dan Tower II, yang lebih dahulu selesai pembangunannya adalah Tower II yang dikerjakan oleh perusahaan Korea, satu bulan lebih awal selesai dibangun dari pada Tower I.
Namun sayang pada tanggal 17 Oktober 2003, rekor Petronas Twin Towers sebagai gedung tertinggi di duni…