Skip to main content

Sejarah Awal Terjadinya Negara Laos

Negara Laos adalah satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak memiliki daerah perairan laut. Negara beribukota Vientiane ini dikenal dengan negara yang damai, ramah, dan masih kuat memegang paham tradisi. Ternyata Laos pernah mengalami jaman kolonialisme dan peperangan.

Terjadinya Negara Laos
Orang-orang Lao bermigrasi ke Laos dari China Selatan sejak abad ke-8. Pada abad ke-14, negara Laos pertama didirikan, Lan Xang kerajaan, yang memerintah Laos sampai dibagi menjadi tiga kerajaan yang terpisah pada tahun 1713. Selama abad ke-18, tiga kerajaan berada di bawah Siam ( Thailand ), dan aturan, pada tahun 1893, menjadi protektorat Perancis. Dengan wilayahnya dimasukkan ke Indochina. Sebuah gerakan nasionalis yang kuat dikembangkan selama Perang Dunia II, tapi Perancis membangun kembali kontrol pada tahun 1946 dan membuat raja Luang Prabang monarki konstitusional semua Laos. Perancis diberikan semiautonomy pada tahun 1949 dan kemudian, didorong oleh Viet Minh pemberontakan di Vietnam, kemerdekaan penuh dalam Uni Perancis pada tahun 1950.
Sejarah Awal Terjadinya Negara Laos

Pada tahun 1951, Pangeran Souphanouvong menyelenggarakan Pathet Lao, sebuah gerakan kemerdekaan komunis, di Vietnam Utara. Viet Minh dan pasukan Pathet Lao menyerbu pusat Laos, mengakibatkan perang sipil. Dengan Perjanjian Jenewa 1954 dan gencatan senjata tahun 1955, dua provinsi utara diberikan kepada Pathet Lao, sisanya pergi ke rezim kerajaan. Kedaulatan penuh diberikan kepada kerajaan oleh Perjanjian Paris 29 Desember 1954. Pada tahun 1957, Pangeran Souvanna Phouma, perdana menteri kerajaan, dan Pathet Lao pemimpin Pangeran Souphanouvong, saudara tiri perdana menteri, sepakat untuk pembentukan kembali pemerintahan bersatu, dengan Pathet Lao partisipasi dan integrasi pasukan Pathet Lao dalam tentara kerajaan. Perjanjian tersebut rusak pada tahun 1959, dan konflik bersenjata dimulai lagi.

Pada tahun 1960, perjuangan menjadi tiga-cara melawan sebagai Jenderal Phoumi Nosavan, mengendalikan sebagian besar tentara kerajaan, didirikan di selatan pemerintahan revolusioner pro-Barat yang dipimpin oleh Pangeran Boun Oum. General Phoumi mengambil Vientiane pada bulan Desember, mengemudi Souvanna Phouma ke pengasingan di Kamboja. Blok Soviet didukung Souvanna Phouma. Pada tahun 1961, gencatan senjata diatur dan tiga pangeran setuju untuk pemerintahan koalisi yang dipimpin oleh Souvanna Phouma.

Kemerdekaan Negara Laos
Setelah penjajahan Jepang selama terjadinya Perang Dunia ke-2, Laos kemudian memerdekakan dirinya dengan nama Kerajaan Laos. Tepatnya pada tanggal 19 Juli 1949 yang dipimpin oleh Raja Sisavang Vong.

Akibat keguncangan politik yang terjadi di negara tetangganya (Vietnam), membuat situasi kondisi Laos menjadi tidak stabil. Laos harus menghadapi perang Indocina yang kedua kalinya dengan skala yang lebih besar dan menyebabkan terjadinya perang saudara serta mengalami beberapa kali kudeta.

Pada tahun 1951, Pathet Lao sebuah gerakan komunis di Vietnam Utara dan Viet Minh menyerang pusat Kerajaan Laos, terjadilah perang sipil. Setelah dikeluarkannya perjanjian Jenewa tahun 1954 dan gencatan senjata tahun 1955, menghasilkan keputusan dua provinsi utara diberikan kepada Pathet Lao. Kemudian Kerajaan Laos mendapatkan kedaulatan penuh pada tanggal 29 Desember 1954 melalui perjanjian Paris.

Pada tahun 1957 adanya kesepakatan pembentukan pemerintahan bersatu antara Souphanouvong dan Pathet. Namun pada tahun 1959 perjanjian tersebut tidak berpengaruh, mereka kembali memulai konflik bersenjata lagi.

Pada tahun 1975, Kaum komunis Pathet Lao menentang pemerintahan Raja Savang Vatthana. Gerakan tersebut didukung oleh Unisoviet dan komunis Vietnam. Sedangkan di pihak pemerintahan Raja Savang Vatthana mendapat dukungan dari Amerika Serikat dan Prancis.

Setelah mengalami pengambilalihan kekuasaan, Kerajaan Laos kemudian berganti namanya menjadi Republik Demokratik Rakyat Laos, sampai hari ini masih bertahan. Pada tahun 1997 Laos bergabung bersama negara-negara Asia lainnya ke dalam organisasi ASEAN.

Semoga informasi yang disajikan bermanfaat bagi para pembaca.

Referensi:
http://www.bimbie.com/sejarah-negara-laos.htm
http://kartika.xyz/sejarah-dunia/sejarah-negara-laos/

Comments

Popular posts from this blog

Sejarah Awal Pramuka di Indonesia

Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana yang mempunyai arti kaum muda yang suka menghasilkan karya. Di Indonesia, penggunaan istilah “Pramuka” resmi digunakan pada tahun 1961.
Kata "pramuka" hanya dipakai di Indonesia sedangkan di dunia pramuka disebut Scout. Gerakan yang juga disebut Scout Movement atau Scouting ini bertujuan untuk pengembangan para pemuda secara mental, spiritual dan fisik. Sejarah pramuka di dunia sendiri dimulai pada 25-7-1907 ketika Lord Robert Baden Powell saat itu menjabat sebagai Letnan Jendral tentara Inggris untuk pertama kalinya melaksanakan perkemahan pramuka selama 8 hari di pulau Brown Sea, Inggris. perkemahan tersebut ia adakan sebagai cara membina kaum muda di Inggris yang terlibat dalam kekerasan dan tindak kejahatan, beliau menerapkan scouting secara intensif kepada 21 orang pemuda dengan berkemah di pulau Brownsea. kemudian pada tahun 1908 Powel menulis buku tentang prinsip dasar kepramukaan dengan judul pramuka untuk laki-laki (…

Sejarah Di Bangunnya Menara Kembar Petronas di Malaysia

Menara kembar Petronas adalah dua buah Gedung pencakar langit kembar di Kuala Lumpur, Malaysia yang sempat menjadi gedung tertinggi di dunia dilihat dari tinggi pintu masuk utama ke bagian struktur paling tinggi.
Menara tersebut dirancang dan dibangun oleh perusahaan asing yaitu Adamson Associates Architects, dari Kanada bersama dengan Cesar Pelli dari Cesar Pelli of Cesar Pelli & Associates Architects Amerika Serikat dengan desain Interior yang merefleksikan budaya Islam yang mengakar di Malaysia.
Pembangunan menara ini dimulai pada tahun 1992 dan selesai pada tahun 1998 dengan ketinggian menara 451,9 meter (1483 kaki) sudah termasuk antena menara dan total lantai dari Twin Towers ini adalah 88 lantai. Antara Tower I dan Tower II, yang lebih dahulu selesai pembangunannya adalah Tower II yang dikerjakan oleh perusahaan Korea, satu bulan lebih awal selesai dibangun dari pada Tower I.
Namun sayang pada tanggal 17 Oktober 2003, rekor Petronas Twin Towers sebagai gedung tertinggi di duni…

Sejarah Awal Terbentuknya Negara Jamaika

Jamaika merupakan negara pulau yang terletak di Karibia dengan luas sekitar 11.000 km persegi. Kingston ialah ibu negara Jamaica di Laut Caribbean, Amerika Tengah. Pulau ini terdiri dari dataran rendah pesisir , dataran tinggi kapur , dan Blue Mountains , sekelompok bukit vulkanik , di timur .
Orang Arawaks diperkirakan yang pertama menetap di pulau Jamaika, yang mereka sebut Xamayca (tanah kayu dan air) sekitar 3.000 tahun yang lalu.
Orang Eropa pertama yang tiba di pulau tersebut adalah Christopher Columbus pada tahun 1494, yang segera mengklaim Jamaika sebagai milik Spanyol.
Pada awal abad ke-16, koloni pertama mulai didirikan. Orang Eropa dengan cepat menundukkan Arawaks, membunuh banyak diantara mereka, serta menangkap sisanya sebagai budak.
Segera setelah koloni didirikan, budak Afrika juga dibawa ke Jamaika yang dijadikan sebagai pekerja di perkebunan.
Mulai pertengahan abad ke-16, Jamaika menjadi target yang disukai bajak laut.
Pulau yang begitu indah beserta melimpahnya sumber daya…